Jumat, 22 November 2013

Amalan di Bulan Sya’ban

November 22, 2013
Kita memuji Alloh Ta’ala yang telah melimpahkan rahmat serta karunia yang banyak kepada kita semua, kemudian shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم, kepada para istri, keluarga, sahabat-nya dan yang mengikut mereka dengan baik hingga hari akhir.

Bulan Sya’ban adalah bulan yang mulia, hendaknya kita mengisinya dengan memperbanyak amalan ibadah dan puasa secara khusus untuk melatih diri persiapan menyambut bulan Ramadhan agar nanti tidak kaget dengan perubahan spontan sehingga terasa berat bagi kita. Oleh karena itu, Rasulullah صلى الله عليه وسلم memperbanyak puasa pada bulan Sya’ban.

عَائِشَةَ قَالَتْ : مَا رَأَيْتُ رَسُوْلَ اللهِ اسْتَكْمَلَ صِيَامَ شَهْرٍ إِلاَّ رَمَضَانَ, وَمَا رَأَيْتُهُ أَكْثَرَ صِيَامًا مِنْهُ فِيْ شَعْبَانَ

Ibunda Aisyah رضي الله عنها berkata: Saya tidak pernah mengetahui Nabi صلى الله عليه وسلم puasa sebulan penuh kecuali pada bulan Ramadhan, dan saya tidak pernah mengetahui dia lebih banyak berpuasa daripada di bulan sya’ban. (HR. Bukhari: 1969, Muslim: 782)

Rasulullah صلى الله عليه وسلم ketika ditanya mengapa beliau memperbanyak puasa di Bulan Sya’ban beliau bersabda: ““Bulan itu banyak manusia lalai, yaitu antara Rojab dan Ramadhan, bulan diangkat amal-amal kepada Robb semesta alam, dan saya ingin untuk diangkat amalku dalam keadaan puasa”

Inilah amalan yang disunnahkan ketika berada dibulan Sya’ban yang akan mempersiapkan hati dan badan siap menyambut bulan Ramadhan. Namun pada prakteknya di masyarakat muslim mempunyai berbagai amalan dan keyakinan yang banyak tentang bulan Sya’ban ini, InsyaAllah penulis menyampaikan hal-hal tersebut dengan terang…dan semoga kita dapat mengambil manfaat, Amin…

Untuk lebih lengkapnya silahkan sobat muslim download ebooknya DISINI

Thanks for reading Amalan di Bulan Sya’ban

Related Posts

Your Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers

Copyright © Islamic. All rights reserved. Template by CB Blogger