Sabtu, 16 November 2013

Amalan Serta Ibadah di Bulan Dzulhijjah


Ketahuilah, sesungguhnya termasuk hikmah dan kesempurnaan Alloh عزّوجلّ, Dia mengkhususkan sebagian makhluknya dengan beberapa keutamaan dan keistimewaan. Melebihkan sebuah tempat dengan tempat lainnya seperti melebihkan Makkah dan Madinah atas semua tempat dimuka bumi ini; Melebihkan sebagian waktu dan tempat dengan ganjaran dan pahala yang besar. Diantaranya adalah Alloh عزّوجلّ mengkhususkan sebagian bulan dan hari dengan keistimewaan yang tidak dimiliki oleh bulan dan hari yang lain. Agar menjadi ladang bagi seorang muslim untuk menambah amalan dan kecintaannya terhadap ketaatan. Menuai pahala dan meraih ridhoNya. Menggugah semangat baru dalam beramal, sebagai bekal untuk kampung nan abadi.

Di antara bulan-bulan yang penuh dengan keistimewaan adalah bulan Dzulhijjah, lebih khusus lagi sepuluh hari pertama dan hari tasyriqnya. Dalam eBook ini penulis -semoga Allah menjaganya- menyebutkan berbagai amal ibadah yang disyariatkan pada bulan Dzulhijjah yang sebagian dibahas dengan ringkas dan lainnya dibahas lebih mendetil, semoga kita dapat mengamalkan kandungan eBook ini dan hanya kepada Allah-lah tempat kembali…

Untuk lebih lengkapnya silahkan sobat muslim download ebooknya DISINI

Doa Serta Dzikir Seputar Makan dan Minum

Alhamdulillah, shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم, keluarga, sahabatnya dan yang mengikuti mereka dengan baik hingga hari kiamat, amma ba’du:


Seperti yang sering disampaikan, sesungguhnya agama Islam adalah agama yang sempurna dalam berbagai sisi kehidupan dan menunjuki umatnya untuk mencapai ridho Allah azza wa jalla, termasuk doa dalam urusan makan dan minum – dalam eBook akan ditampilkan doa dan dzikir seputar makan dan penjelasannya- adapun dilam ini kami tampilkan bacaan doanya saja sebagai berikut:

1. DOA SEBELUM MAKAN

“Jika salah seorang dari kalian makan makanan hendaknya mengucapkan:

بِسْمِ اللَّهِ

‘dengan nama Allah‘,

Sedangkan jika lupa di permulaan makan hendaknya mengucapkan:

بِسْمِ اللَّهِ فِي أَوَّلِهِ وَآخِرِهِ

‘dengan nama Allah di awal dan diakhirnya.‘”

“Barangsiapa yang diberi rezeki Allah berupa makanan, hendaklah membaca:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيهِ وَأَطْعِمْنَا خَيْرًا مِنْهُ

‘Ya Allah, berilah kami berkah di dalamnya dan berilah makanan yang lebih baik darinya‘,

Dan barangsiapa diberi rezeki berupa minuman susu, hendaklah membaca:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيهِ وَزِدْنَا مِنْهُ

‘Ya Allah, berilah kami berkah di dalamnya dan tambahkanlah kepada kami (berkah) darinya.‘”

2. DOA SETELAH MAKAN

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَطْعَمَنِيْ هَذَا، وَرَزَقَنِيْهِ، مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّيْ وَلاَ قُوَّةٍ

“Segala puji bagi Allah yang memberi makanan ini kepadaku dan yang memberi rezeki kepadaku tanpa daya dan kekuatan dariku”.

الْحَمْدُ لِلَّهِ حَمْدًا كَثِيْرًا طَيِّبًا مُبَارَكًا فِيْهِ، غَيْرَ [مُكْفِيٍّ وَلاَ] مُوَدَّعٍ، وَلاَ مُسْتَغْنًى عَنْهُ رَبَّنَا

“Segala puji bagi Allah (aku memuji-Nya) dengan pujian yang banyak, yang baik dan penuh berkah, yang senantiasa dibutuhkan, tidak bisa ditinggalkan, dan diperlukan, ya Tuhan kami.”

3. DOA TAMU KEPADA ORANG YANG MENGHIDANGKAN MAKANAN

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ، وَاغْفِرْ لَهُمْ وَارْحَمْهُمْ

“Ya Allah! Berilah berkah apa yang Engkau rezekikan kepada mereka, ampunilah dan belas kasihanilah mereka”.

4. BERDOA UNTUK ORANG YANG MEMBERI MINUM

اَللَّهُمَّ أَطْعِمْ مَنْ أَطْعَمَنِيْ وَاسْقِ مَنْ سَقَانِيْ

“Ya Allah! Berilah ganti makanan kepada orang yang memberi makan kepadaku dan berilah minuman kepada orang yang memberi minuman kepadaku”

Untuk lebih lengkapnya silahkan sobat muslim download ebooknya DISINI

Copyright @ 2013 Islamic.