Jumat, 15 Oktober 2021

TARI-TARIAN DENGAN LENGGAK-LENGGOK

Oktober 15, 2021

S. Bagaimana hukum tari-ta,rian dengan lenggak-lenggok dan gerak lemah gemulai.                                  J. Muktamar memutuskan bahwa tari-tarian itu hukumnya boleh meskipun dengan lenggak-lenggok lemah gemulai selama tidak terdapat gerak kewanita-kewanitaan bagi kaum laki-laki, dan gerak kelaki-lakian bagi kaum wanita. Apabila terdapat gaya-gaya tersebut maka hukumnya haram. 



Keterangan, dalam kitab:                                                                                                                                  1. Ithaf Sadah al-Muttaqin                                                                                                                                       Para ulama berbeda pendapat tentang tarian, sebagian ada yang memakruhkan seperti Imam al-Qaffal dan al-Rauyani dalam kitab al-Bahr. Demikian halnya menurut ustadz Abu Manshur, memaksakan tarian bisa serasi dengan irama itu hukumnya makruh. Mereka berargumen bahwa nyanyian itu termasuk la'ibun wa lahwun (permainan sendau gurau) yang dimakruhkan.                                          Sebagai ulama yang lain berpendapat bahwa tarian itu hukumnya mubah menurut al-Faurani dalam kitab al-Umdah, nyanian iyu pada dasarnya adalah mubah demikian pula bermain drum, tarian dan yang semisalnya.                                                                                                                                                      Menurut Imam al-Haramain, tarian itu tidak haram karena hanya sekedar gerakan oleh gerak lurus dan goyang, akan tetapi jika itu terlalu banyak, dapat merusaknya kehormatan diri. Pendapat ini senada dengan al-Mahali dalam kitab al-Dhakair, Ibn al-Imad al-Saharawadi, Imam al-Rafi'i, sang pengarang (al-Ghazali) dalam kitab al-Wasiith, yang mantap dengan pendapat tersebut, dan Ibn Dam.                                                                                                                                                                                            Mereka beragumen dengan dua hal: hadits dan qiyas. Adapun hadistnya adalah yang sebagaimana telah lalu dari hadits Aisyah tentang tarian orang-orang Hasby, demikian hanya dengan hadits Ali tentang gerak lompatnya serta yang dilakukkan oleh Ja'far dan Zaid. adapun qiyasnya adalah, sebagaimana yang telah dikatakan oleh Imam al-Haramain (tarian) merupakan beberapa olah gerak lurus dan goyang, sama dengan gerak-gerakan yang lainnya.                                                                                    Menurut sebagian ulama tarian tersebut harus dirinci, jika dalam tarian itu ada unsur ketidakopanan daan lemah gemulai, maka hukumnya makruh. Jika unsur tersebut tidak ada, maka tarian itu boleh (tidak apa-apa). Inilah yang dikutip oleh Ibn Abi Dam dan Syeikh Abu Ali Bin Abu Hurairah.                                                                                                                                                                      A-Halimi juga mengutip seperti itu dalam kitab Manhajnya. Mereka berargumen jika bahwa dalam tarian itu ada kecenderungan untuk bergaya perempuan, padahal orang yang berpura-pura dan bergaya perempuan itu telah dilaknat. Kelompok ulama lain berpendapat bahwa tarian yang mengandung unsur ketidakopanan dan lemah gemulai, maka hukumnya haram. Jika unsur tersebut tidak ada, maka hukumnya tidak haram. Demikian yang disampaikan oleh Imam Rafi'i dalam kitab Syarah al-Shagir dan beliau meriwayatkan statemen diatas dalam Syarh a-Kabir dari Imam Halimi, dan al-Jili meriwayatkan statemen tersebut dalam kitab al-Muharrar. 

   2. Mauhibah Dzi al-Fadhl.                                                                                                                                      "Allah melaknat laki-laki yang bergaya menyerupai wanita, dan wanita yang bergaya menyerupai laki-laki. Al-Azizi menyatakan: " laki-laki dilarang menyerupai wanita dalam berpakaian ataupun sikap. Begitu juga sebaliknya (perempuan dilarang menyerupai laki-laki), karena hal itu termasuk mengubah ciptaan Allah Swt.

PENGERTIAN LAHWI DAN LAGHWI

Oktober 15, 2021

 S. Apakah yang diartikan "lahwi" dan "laghwi", dan bagaimana hukumnya orang yang mengerjakannya?                                                                                                                                              J. "lahwi" dan "laghwi" ialah: Segala hal yang tidak memberi faedah pada orang yaang mengerjakannya baik di dunia maupun di akhirat, dan tidak ada halangan apa-apa bila dikerjakan, asalkan hal tersebut tidak dilarang oleh agama dan tidak menyebabkan lupa kepada Tuhan, apabila demikian maka hukumnya haram. 



Keterangan, menurut kitab:                                                                                                                               1. Hasyiyah al-Sahwi 'ala-Jalalain                                                                                                                          Sbelum surat Fath tentang tafsir firman tuhan yang artinya: " Bahwasannya kehidupan duniawi itu hanyalah la'ibu dan lahwu. "                                                                                                       alla'ibu mayusghilul insana walaisa fihi manfa'atun filkhali walmali wallagwu mayusghilul insana 'anmuhimma tinafsihi                                                                                                                                                    Yang disebut dengan al-la'bu (permainan) adalah, apapun yang dapat menyibukkan seseorang tanpa ada manfaatnya sama sekali baik terhadap keadaan diri maupun hartanya. Sedangkan yang dimaksud dengan al-laghwu (sendau gurau) adalah apapun yang dapat menyibukkan seseorang sehingga melupakan kepentingan dirinya sendiri. 

   2. Ihya' Ulum al-Dim                                                                                                                                               Nyanyian atau tarik suara itu termasuk lahwu yang dimakhruhkan, serupa dengan perbuatan batil namun tidak sampai haram. Permainan orang-orang habsy dan tarian mereka termasuk lahwu, Rasullullah pernah menyaksikannya dan tidak membencinya. Hal ini termasuk lahwu dan laghwu yang tidak dimurkai Allah.   

Followers

Copyright © Islamic. All rights reserved. Template by CB Blogger