Kamis, 14 Oktober 2021

GERAK BADAN SEPERTI ANGKAT BESI MENURUT HUKUM ISLAM

Oktober 14, 2021

 S. Bagaimana hukumnya gerak badan seperti renang, mengangkat besi dan jalan kaki?                               J. Segala macam gerak badan itu hukumnya boleh, asalkan tidak menimbulkan kerusakan dan tidak dipergunakan untuk berjudi serta bukan menjadi tanda-tanda orang  fasiq dan pada umumnya berjalan dengan baik tidak membahayakan. 



Keterangan, menurut kitab;

   1. Hasyiyah al-Bajuri                                                                                                                             Dengan halnya semua jenis permainan yang berbahaya hukumnya haram jika tidak ada jaminan keselamatan diri, dan halal jika keselamatan diri bisa terjamin. Hal serupa tidak serua pertandingan di atas sapi (karapan sapi), hukumnya haram jika disertai dengan imbalan/uang dan halal jika tanpa imbalan. Demikian halnya dengan gulat, jalan kaki, menyelam, berenang, berdiri diatas sebelah kaki, lomba perahu, permainan catur, serta sepak takraw.

HUKUM PERMAINAN UNTUK MELATIH OTAK SEPERTI CATUR

Oktober 14, 2021
S. Bagaimana hukumnya permainan guna melatiih otak seperti main catur dan sebagainya?                   J. Segala macam permainan guna melatih otak seperti main catur dan lain-lain apabila tidak menimbulkan keruskan dan tidak dipergunakan berjudi, itu hukumnya makruh. Adapun permainan yang bersifat menipu, seperti main dadu, main kodok ula atau beng-jo (tombola) walaupun tidak terdapat untung rugi, maka hukumnya haram. 




Keterangan, dalam kitab: 
 
    1. Hasyiyah al-Jamal 'ala Fath al-Wahab 
Permainan seperti dadu itu berbeda dengan permainan catur yang dimakruhkan jika tidak mempergunakan uang, yaitu dasar permainan catur itu adalah perhitungan yang cermat dan olah pikir yang benar. Dalam permainan catur terdapat unsur penggunaan pikiran dan pengaturan strategi yang benar. Sedangkan permainan dadu berdasarkan spekulasi dan perkiraan yang menyebabkan kebodohan dan kedunguan yang maksimal. 
  Menurut Imam Rafi'i, hukum semua bentuk permainan bisa dinalogkan pada dadu dan catur, dan segala hal yang berdasarkan pikiran dan hitung-hitungan, seperti al-Minqalat dan al-Sijah (jenis permainan di Arab) yakni permainan dengan membentuk garis dan lobang-lobang untuk mengisi bebatuan yang dilakukan dengan perhitungan tersendiri. Permainan semacam ini tidak haram. Sedangkan semua permainan yang berdasarkan spekulasi, hukumnya haram.

HUKUM ALAT MUSIK YANG DIBUNYIKAN DENGAN TANGAN

Oktober 14, 2021

  S. Bagaimana hukumnya alat-alat yang dibunyikan dengan tangan?                                                          J. Muktamar memutuskan bahwa segala alat yang dipukul (dibunyikan) dengan tangan, seperti rebana, dan sebagainya itu hukumnya mubah (boleh) selama alat-alat tersebut tidak digunakan untuk menimbulkan kerusakan dan tidak menjadi tanda-tanda orang fasiq kecuali kubah, yang telah ditetapkan haramnya dalam hadis (nash).



Keterangan, dalam kitab:                                                                                                                                                                                                                                                                                                    1. Ithaf Sadah al-Muttaqin                                                                                                                                 Seperti kendang dan drum serta semua alat yang digunakan untuk mengeluarkan suara yang enak dan teratur berirama, kecuali yang biasa digunakan oleh peminum minuman keras, karena semua itu tidak berhubungan dengan minuman keras dan tidak meningatkannya, tidak membuat kerinduan padanya, serta tidak ada keserupaan dengan empunya sehingga tidak termasuk dalam pengertiannya (yang diharamkan) dan hukumnya menjadi mubah sebagaimana hukum asli. Sesuai dengan yang diqiyaskan pada suara burung dan lainnya, maka seyogyanya diqiyaskanlah pada suara burung bul bul, semua suara-suara yang keluar dari anggota tubuh manusia sesuai dengan kehendaknya seperti yang keluar dari tenggorokannya atau dari kendang, drum, rebana, dan lainnya. Dalam hal ini tidak dikecualikan semua alat-alat hiburan, aneka macam gitar, seruling, karena telah ada larangannya dari syara' terhadapnya.

   2. Ihya' Ulmum al-Din                                                                                                                                         Beliau juga berpendapat; dengan illat ini haram hukumnya memukul al-kubah (kendang)? yaitu suatu alat musik sejenis kendang yang berbentuk memanjang, di arah tengan agak tipis, sedang dua sisi ujungnya agak luas. Biasanya sejenis alat musik ini ditabuh oleh waria. Andaikan dalam kendang tersebut tidak ada unsur tasyabuh, niscaya hukumnya sama dengan terompet yang digunakan jamaah haji atau dalam peperangan.                                                                                                

ALAT ALAT ORKES UNTUK HIBURAN HUKUMNYA HARAM

Oktober 14, 2021

 S. Bagaimana hukum alat alat orkes (Mazammir al-lahwi) yang dipergunakan untuk bersenang senang (Hiburan) ? Apabila Haram, apakah juga termasuk terompet perang, terompet jamaah haji, seruling penggembala, dan seruling permainan anak anak?

J. Muktamar memutuskan bahwa segala macam alat alat orkes seperti seruling, dengan segala macam jenisnya dan , alat alat orkes lainnya kesemuanya itu Haram, kecuali trompet perang, trompet jamaah haji, seruling penggembala, dan seruling permainan anak anak dan lain lain yang sebagaimana digunakan tidak untuk hiburan.

keterangan dalam kitab ihya' ulum al-Din

Fa bihadzal ma'ani yakhrumul mizmarul 'iroqiyu wal autaru kulluhaa kal 'uudi wa dhob khi, wa robabi,wal bariithi wa ghoirihaa wamaa 'adaa dzalika falaisa fii ma'naha kasyaahiinir ru'aati wal khajiiji wa syaahiinith thobaliin

Dengan pengertian ini maka haramlah seruling Iraq dan seluruh peralatan musik yang menggunakan senar seperti Ud, Al-dhabh, rabbab dan barith (nama nama peralatan musik arab). Sedangkan yang selain itu maka tidak termasuk dalam pengertian yang diharamkan seperti (membunyikan suara menyerupai) burung elang yang dipergunakan oleh para penggembala, jamaah haji dan pemukul genderang.



ISTRI MENJADI PELAYAN DIRUMAH SUAMINYA DENGAN TIDAK PAKAI UPAH

Oktober 14, 2021

 S. Seorang istri nasyidah (Dewasa) yang menjadi pelayan dirumah suaminya dengan tidak ada perjanjian pemberian upah, apakah ia berhak menerima upah bila terjadi perceraian? atau berhak menerima gono-gini ?

J. Istri tersebut tidak menerima upah dan tidak berhak menerima gono-gini, apabila istri tersebut telah Rasyidah dan tidak ada perjanjian sebelumnya dan tidak turut membantu usaha suaminya. Lain halnya jika istri tersebut tidak Rasyidah, misalnya belum dewasa atau gila, maka ia berhak menerima upah sepantasnya dan upahnya menjadi utang yang dibebankan kepada suaminya, oleh karenanya maka harta peninggalannya tidak boleh diwaris sebelum ditunaikan utang tersebut, begitu pula sebaliknya, apabila suami tidak punya mata pencaharian dan tidak mempunyai modal dalam mata pencaharian istrinya, maka suami tidak berhak menerima upah sepantasnya dan tidak menerima gono-gini, hal tersebut sebagaimana tercantum dalam kitab kitab Fiqih



SEDEKAH KEPADA MAYIT

Oktober 14, 2021

 S. Dapat pahalakah sedekah kepada mayit?                                                                                                    J. Dapat! 

Keterangan, dalam kitab:                                                                                                                                  1. Al-Muhadzdzab                                                                                                                                                    Ibnu Abbas meriwayatkan, bahwa ada seseorang bertanya pada Rasullullah Saw.: "Sesungguhnya ibuku sudah meninggal, apakah bermanfaat baginya (kalau) aku bersedekah atas namanya?" . Rasullullah menjawab; "ya." Orang itu kemudian berkata: "Sesungguhnya aku memiliki sekeranjang buah, maka aku ingin engkau menyaksikan bahwa sesungguhnya aku menyedekahkannya atas namanya".



KELUARGA MAYIT MENYEDIAKAN MAKANAN KEPADA PENTA'ZIAH

Oktober 14, 2021

 




S. Bagaimana hukumnya keluarga mayit menyediakan makanan untuk hidangan kepada mereka yang datang berta'ziyah pada hari wafatnya atau hari-hari berikutnya, dengan maksud bersedekah untuk mayit tersebut? Apakah ia (keluarga) memperoleh pahala sedekah tersebut?                                                           J. Menyediakan makanan pada hari wafat atau hari ketiga atau hari ketujuh itu hukumnya makruh, apabila harus dengan cara berkumpul bersama-sama pada hari-hari tertentu, sedang hukum makruh tersbut tidak menghilangkan pahala sedekah itu. 

Keterangan, dalam kitab: 

   1. I'anah al-Thalibin                                                                                                                                             Makruh hukumnya bagi keluaarga mayit ikut duduk bersama orang-orang yang sengaja dihimpun untuk berta'ziyah dan membuatkan makanan bagi mereka, sesuai dengan hadis riwayat Ahmad dari Jabir bin Abdullah al-Balji yang berkata: " kami menganggap berkumpul di (rumah keluarga) mayit dengan menyuguhi makanan pada mereka, setelah mayit dikubur, itu sebagai bagian ratapan (yang dilarang)".

2 Al-Fatwa al-Kubra al-Fiqiyah                                                                                                                            Beliau (Ibn Hajar al-Haitami) -Semoga Allah mengembalikan barakahnya kepada kita- ditanya tentang hewan yang disembelih dan diberi garami kemudian dibawa di belakang mayit menuju kuburan untuk disedekahkan ke para penggali kubur saja, dan tentang yang dilakukan pada hari ketiga kematian dalam bentuk penyediaan makanan untuk para fakir dan lainnya, dan demikian halnya dilakukan pada hari ketujuh, serta yang dilakukan genap sebulan dengan pemberian roti yang diedarkan ke rumah-rumah wanita yang menghadiri proses berta'ziyah jenazah. Mereka melakukan semua itu hanya dengan tujuan melaksanakan kebiasaan penududuk setempat, sehingga bagi yang tidak mau melakukannya akan dibenci oleh mereka dan ia akan merasa diacuhkan; 

        "Kalau mereka melaksanakan semuanya dengan tujuan mengikuti adat dan dengan tujuan sedekah pada selain tradisi yang disebut terakhir, maka bagaimana hukumnya? Boleh atau tidak? Apakah haerta yang telah ditasarufkan, itu ikut dibagi pada bagian-bagian harta ahli waris dalam pembagian tirkah,walaupun sebagai ahli waris yang lain tidak menyetujuinya? Lalu dari kasus menginap bersama keluarga mayit (dirumah mereka) selama sebulan dari kematiannya. Sebab, tradisi tersebut, menurut anggapan masyarakat harus dilaksanakan seperti wajib; bagaimana hukumnya?"                                                                                                                                                                                                                    Beliau menjawab: semua yang dilakukan sebagaimana yang ditanyakan di atas termasuk bid'ah yang tercela tetapi tidak sampai haram (makruh); kecuali jika prosesi penghormatan pada mayit di rumah ahli warisnya itu bertujuan untuk meratapi atau memuji secara berlebihan (rastsa') 

        Seeorang yang salah satu melaksanakan tradisi di atas dengan tujuan menangkal gunjingan orang-orang awam dan agar mereka tidak menodai kehormatan dirinya, gara-gara ia tidak mau melakukan tradisi di atas, maka dihrapkan ia mendapatkan pahala. Karena mengambil kesimpulan dari perintah Nabi Saw. Terhadap seseorang yang batal shalatnya (karena hadast saat berjamaah untuk keluar dengan) menutupi hidungnya dengan tangan,. Para ulama mengambil keputusan 'illat hukum dari perintah Nabi Saw. tersebut, yaitu menjaga kehormatan diri dari gunjingan orang awam ketika ia tidak melakukan cara itu (yang sudah menjadi kebiasaan).

       Dan tidak diperbolehkan membiayai tradisi di atas dengan tirkah  apabila terdapat ahli waris yang mahjur 'alaih, atau semua ahli waris sudah pandai-pandai (boleh membelanjakan harta sendiri dengan bebas) tetapi sebagian dari mereka tidak menyetujuinya.

PEMBERIAN KEPADA ANAK DENGAN TIDAK SEPENGETAHUAN ANAK

Oktober 14, 2021

 S. Apabila seorang bapak memberikan sesuatu kepada salah seorang anak yang taat, apakah pemberian itu dapat dilangsungkan dengan tidak sepengetahuan anak yang laim? 

J. Pemberian tersebut dapat berlangsung dengan tiga syarat                                                                                  a. Tidak pada waktu sakit keras sampai ajalnya.                                                                                             b. Sudah diterima oleh anak tersebut (yang taat) dan,                                                                                     c. Tidak diminta kembali sebelum bapak meninggal dunia. 

Keterangan, apabila pemberian tersebut dilakukkan di waktu sakit terus ajalnya tiba atau di waktu tidak/belum sakit, tetapi belum di terima anaknya (anak yang taat) atau sudah diterima diminta kembali sebelum hak miliknya atas barang itu, maka dalam keadaan tersebut, pemberian itu tidak dapat dilangsungkan, kecuali dengan sepengetahuan dan seizin saudara-saudaranya yang lain.                                Adapun pemberian dengan maksud menutup sebagai ahli waris dengan tidak untuk kepentingan syara' (agama), maka pemberian tersebut hukumnya makruh, sebagaimana dimaklumi dalam kitab-kitab fiqh.



Followers

Copyright © Islamic. All rights reserved. Template by CB Blogger