Sabtu, 16 Oktober 2021

MENERIMA GADAI DENGAN MENGAMBIL MANFAATNYA

Oktober 16, 2021

 S. Bagaimana hukum orang yang menerima gadai dengan mengambil manfaatnya, misalnya, sebidang tanah yang digadaikan, kemudian di ambil hasilnya dengan tanpa syarat pada waktu akad diadakan demikian itu, baik sudah menjadi kebiasaan atau sebelum akad memakai syarat atau dengan perjanjian tertulis, tetapi tidak di baca waktu akad, hal demikian itu termasuk riba yang dilarang atau tidak? 

J. Dalam masalah ini ada tiga pendapat dari ahli hukum (ulama):                                                                     a. Haram: sebab termasuk hutang yang dipungut manfaatnya (rente)                                                         b. Halal: sebab tidak ada syarat pada waktu akad, sebab menurut ahli hukum yang terkenal, bahwa             adat yang berlaku itu tidak termasuk syarat                                                                                             c. Syubhat: (Tidak tentu jelas halal haramnya) sebab para ahli hukum berselisih pendapat. 

Adapun Muktamar memutuskan bahwa, yang lebih berhati-hati ialah pendapat yang pertama (haram). 



Keterangan, dari kitab:                                                                                                                                        1. Asybah Wa al-Nazha'ir                                                                                                                                Seandainya sudah umum di masyarakat kebiasaan kebolehan memanfaatkan barang gadai bagi pemberi pinjaman/penerima gadai, apakah kebiasaan itu di anggap sama dengan menjadikannya syarat, sehingga akad gadainya rusak? Jumhur ulama berpendapat: "Tidak diposisikan sebagai syarat." Sedangkan al_Qaffal berpendapat: "Ya (diposisikan sebagai syarat).                                                                                                                                                                                                                                   2. Fath al-Mu'in dan I'annah al-Thalibin                                                                                                          Diperbolehkan bagi si pemberi pinjaman untuk memperoleh keuntungan (suatu kelebihan) dari peminjam, seperti pengembalian yang lebih dalam ukuran atau sifatnya, dan yang lebih baik pada pinjaman yang jelek, asalkan tidak disebutkan dalam akad sebagai persyaratan, bahkan disunatkan bagi peminjam untuk melakukan yang demikian itu (mengembalikan yang lebih baik lagi dibandingkan barang yang dipinjamnya). 

             Adapun peminjam dengan syarat adanya keuntungan bagi pihak pemberi pinjaman maka hukumnya fasid, sesuai dengan hadis: " Semua peminjaman yang menarik sesuat manfaat (keuntungan bagi pemberi pinjaman) maka termasuk riba.

             Dengan ini diketauhi, bahwa rusaknya akad tersebut jika memang disyaratkan dal;am akad. Sedangkan jika keduanya si peminjam dan pemberi secara kebetulan (melakukan praktik tersebut), dan tanpa disyaratkan dalam akad, maka akad tersebut tidak rusak(boleh).

MENGKHITANKAN ANAK SETELAH BEBERAAPA HARI KELAHIRANNYA

Oktober 16, 2021

 S. Bagaimana hukumnya mengkhitankan anak sesudah beberapa hari dari hari kelahirannya? Boleh atau tidak? Sedangkan dalam kitab Khazinatul Asrar diterangkan bahwa mengkhinatkan anak sebelum 10 tidak boleh. 

J. Mengkhitankan sesudah beberapa hari dari hari kelahirannya itu boleh. Adapun sunatnya adalah sesudah berumur 7 hari atau 40 hari atau 7 tahun. 



Keterangan, dalam kitab:    

   1. Mauhibah Dzi al-Fadhl                                                                                                                                          Dalam kitab al-Tuhfah disebutkan, jika mengakhirkan khitan melampaui hari ketujuh maka dilaksanakan pada hari ke empat puluh (dari kelahirannya), kalau tidak maka pada tahun ke tujuh yang merupakan waktu diperintahkannya untuk melaksanakan shalat. Adapun disebutkan dalam kitab Khazinatul Asrar, maka dipahami jika si anak itu lemah tidak mampu berkhitan kecuali sesudah berumur sepuluh tahun sesuai dengan pendapat para pakar. 

Followers

Copyright © Islamic. All rights reserved. Template by CB Blogger